15December Penciptaan Karya
Written by Administrator  

KARYA-KARYA SAYA

Sejak tahun 1990-an saya tertarik bermain dengan pencitraan(image) dan kemampuan inderawi (sensory) manusia dalam memahami/menikmati lukisan/gambar. Ada sejumlah pihak yang mengatakan bahwa lukisan-lukisan saya termasuk jenis abstrak illusi optik, yang mengeksploitasi objek kemampuan sensor mata terhadap citra objek dengan menampilkan objek2 garis maupun titik (berupa plototan cat langsung dari tube) diikuti citra serupa yang mirip bayang-bayang (padahal secara logis itu bukan sebagai banyangan) sebagai titik pesona lukisan saya. Dalam konteks abstrak, objek berbayang itu tidak mempresentasikan benda lain, melainkan tampil sebagai plototan cat itu sendiri, sehingga dalam pengertian ini lukisan abstrak saya juga disebut sebagai lukisan “konkrit” karena objek utamanya secara konkrit muncul sebagai dirinya sendiri. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk sekedar melengkapi penjelajahan tiga-dimensional dari efek bayangan, saya juga sesekali menggambar objek “realis”, non-representatif, terutama untuk meredam efek kejenuhan mata penonton ketika lukisan-lukisan abstrak harus didisplay dalam jumlah banyak pada ruang yang sama tanpa sekat. Display semacam itu mengakibatkan mata penonton cepat lelah karena “dipaksa” sebagai “entry point” untuk menginterpretasi objek lukisan yang ada secara “logika” lebih dari sekedar sensor emosi. 

Ilusi Optik; Mengambang, Terbang, Baur(Blurr)

Sebenarnya, pada awalnya alasan saya bermain dengan bayang-bayang adalah untuk memburu keinginan saya untuk menciptakan lukisan(yang sesungguhnya adalah dua dimensional) nampak seolah-olah seperti tiga dimensional. Memang ada beberapa cara untuk membangun kesan 3D itu. Ada yang mengakalinya lewat konsep perspektif, lewat texture fisik, atau melalui manipulasi objek geometric dibantu dengan eksploitasi komposisi warna optic sehingga tercipta kesan kedalaman (depth). Saya memilih bermain dengan warna optik pada repitisi objek yang dikombinasikan secara kontras, antara sesuatu yang “solid” dengan sesuatu yang “blurr”, sehingga menampilkan citra yang secara logika menjadi sulit dicerna dimensinya, muncullah kesan 3D tanpa prasayarat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Next One, 150 x 200cm, Acrylic, 2013          Learning From Nature, 150 x 300cm, Acrylic, 2013

 

Supaya mata penonton tidak cepat lelah dalam menemani saya dalam bermain dengan sesuatu yang tigadimensional, saya sengaja mengembangkan penjelajahan objek-objek ilusi optik menjadi apa saja yang secara eksotik nampak “mengambang”, atau “terbang”, atau “baur” tidak focus atau “blurr”. Pilihan objeknya bisa apa saja, yang penting eksotik, sensasional, dan attraktif begitu saja.

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pasar Malam, 95 x 135cm, Acrylic, 2013

 

Patung Dua-Dimensi

Entah kenapa, saya selalu tertarik dengan aspek matra(dimensi) dalam proses permainan karya rupa saya. Mungkin saya karena saya pernah belajar di Jurusan Seni Patung di STSRI-ASRI, tetapi tidak selesai, sehingga pengetahuan “nanggung” ini membuat saya menjadi liar, seolah bermain “asal main” saja. Dan ini memang menyenangkan.

Kadang-kadang saya menganggap permainan lukisan saya sebagai rekayasa tigadimensional pada bentuk lukisan (yang dua-dimensional). Sedangkan pada karya “patung”, saya sangat ingin melumatnya dengan konsep-konsep dua-dimensional seperti mengeksploitasi perspektif, merespon potong metal dengan komposisi optic geometric. Walaupun saya belum merasa suntuk menjelajah ide ini, tetapi rasanya kemungkinan-kemungkinan yang mengemuka dari ide patung dua-dimensional ini sangat tidak terbatas. Saya yakin begitu banyak komposisi-komposisi unik yang dapat digali dari sana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelangi, 2 x200 x 500 mm                                                                        Simpang Empat, 2 x 400 x 500 mm

Metal & Akrilik, 2009                                                                                 Metal & Akrilik, 2013

 

 

 

 

 

 

 

Out of the Box, 2 x 200 x 500 mm                                                                    Kanan Atas, 2 x 600 x 600 mm

Metal & Akrilik, 2013                                                                                          Metal & Akrilik, 2013

 

<back>

 


Membara
Image Detail

Hubungi kami

Email Anda 
Subject 
Pesan 
Please enter the following ouo Help us prevent SPAM!